Rangkuam Graphical user interface
1.) Objektif
- Mengetahui kelebihan GUI
- Mengenal sistem multimedia dan
penggunaannya.
2.) Human Computer interface (HCI)
- Interaksi antara end-user (pengguna komputer) dengan komputer.
- Komputer perlu dibuat agar bisa digunakan semudah mungkin.
- Tujuan utama HCI : untuk memungkinkan komunikasi bolak-balik antara pemakai dan komputer.
3.) User Friendliness
HCI harus bersifat ‘User Friendly’
- Membantu end-user
- Mudah dipelajari
- Mudah digunakan
4.) Jenis Interface
Klasifikasi umum :
- Command Driven Interface
- Menu Driven Interface
- Direct Manipulation Interface
- User Interface Management System (UIMS)
- Special Purpose Interface
5.) User Interface Management System
Tujuannya adalah Penciptaan suatu cara agar bisa diadakan atau diperoleh interface yang konsisten yang mempunyai “look” (rupa) dan “feel” (rasa) yang sama untuk sejumlah aplikasi yang berbeda di dalam sistem yang sama.
Contoh User Interface Management System:
- Apple Macintosh
- OSF/MOTIF dari Open Systems Foundation
- Open Look dari Sun untuk AT&T
- Windows dari Microsoft
6.) Bagaimana UIMS Mencapai tujuan
- Memberikan se-set fasilitas standar untuk penanganan dialog pemakai
- Misal : widgets, memberikan komponen standar dasar interface
- Bisa digunakan oleh programmer sebagai se-set alat
- Memberikan beberapa software standar yang mengelola cara yang digunakan oleh setiap program aplikasi untuk menggunakan interface itu.
7.) UIMS
Sebagian besar UIMS kegunaan umum didasarkan pada :
- Sistem windowing
- Memanfaatkan WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer)
8.) Spesial Purpose HCI
jenis utama :
- General purpose computer bisa digunakan, namun beberapa bagian HCI disediakan (diberikan) oleh hardware & software khusus
- Mesin cash-dispensing
- Alat pencatat kehadiran
- Komputer dipasangi beberapa peralatan kegunaan khusus di dalamnya dan dikontrol oleh interface yang spesifik untuk kegunaan atau tujuan itu.
9.) GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)
-Adalah HCI yang didasarkan pada tampilan grafis
- Paling umum dijumpai pada PC yang dipasangi
adaptor grafik yang mampu mendukung grafik
beresolusi tinggi.
- Software yang mengontrol suatu window yang
didasarkan pada HCI, seperti yang diberikan
(disediakan) oleh interface WIMP, disebut
Windows Manager atau Windows Management
System.
10.) Contoh sistem GUI :
- Apple Macintosh
- Microsoft Windows pada IBM PC
- Open Look pada workstation Unix
- KDE, GNOME pada Linux
11.) Pengorganisasian softrwer gui
a. Windows Libraries
- Terdiri dari set-set operasi standar yang dapat digunakan oleh software tingkat yang lebih tinggi untuk berinteraksi dengan GUI (Intrinsic Function)
- Terdapat objek-objek grafis yang disebut widgets
b. Application Program Interface (API) Toolkit
- Windows libraries tidak digunakan secara langsung, namun disediakan toolkit yang memungkinkan pengkonstruksian GUI dari seset widget standar.
12.) PENGORGANISASIAN SOFTWARE GUI
a. Windows Manager
- Setiap program aplikasi memanggil secara langsung toolkit untuk memanipulasi widget-nya sendiri.
- Tugas windows manager adalah melakukan
pengontrolan dan pengkoordinasian menyeluruh terhadap aktifitas suatu program aplikasi.
13.) Widget GUI
- Diciptakan, dioperasikan dan dihapus
(dikeluarkan) oleh software aplikasi melalui
toolkit API.
- Contoh widget GUI :
1.Box field
2.Table field
3.Button
4.Radio field
5.Toggle field
6.Bar field
7.Scroll bar
8.Slider bar
14.) Desktop Metaphor
-Metodologi ‘guiding paradigm’ untuk lebih
memudahkan user memahami penggunaan
GUI
- Metaphor : analogi / kemiripan objek visual
pada desktop grafis dengan objek sebenarnya
15.) Komponen Multimedia
- Komputer desktop
- Monitor grafis berwarna beresolusi tinggi
- Sistem audio stereo
- CD-ROM
- Peralatan video recording
- Kamera video
- Printer dan scanner grafik berwarna
16.) Perangkat Input
Untuk menginput tampilan dan suara ke sistem komputer
- Microphone
- Sound sampler
- Image scanner
Komentar
Posting Komentar