Konsep multimedia interaktif

Rangkuman bab 1
(Konsep multimedia interaktif)

A.) pengertian multimedia interaktif
       Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi, dan suara. Guna menyampaikan suatu pesan dan
informasi, melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.
Berdasarkan pengertian tersebut dapat didefinisikan bahwa Multimedia Interaktif
adalah penggabungan antara teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan video serta
memungkinkan pengguna untuk berinterksi dan
berkomunikasi dengan produk multimedia.
Meskiput merupakan pengertian multimedia
Interaktif sederhana tetapi untuk menjalankannya sangat kompleks karena harus banyak yang harus dipahami.
         Proyek multimedia merupakan peranti perangkat lunak yang berisi informasi,
pengetahuan dan hasil yang ditampilkan dilayar komputer. Adapun proyek dapat diedarkan
atau dijual kepada konsumen atau pengguna akhir biasanya dalam bentuk Compact Disk (CD) atau melalui internet. Multimedia interaktif dimanfaatkan secara luas pada kehidupan masyarakat. Multimedia Interaktif dalam bisnis, aplikasi bisnis yang menerapkan multimedia interaktif adalah presentasi, demo produk, database, katalog, dan pemasaran. Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan/sekolah, antara lain presentasi, simulasi pembelajaran, CD pembelajaran, dan pembelajaran interaktif.

B.) Jenis multimedia interktif

1. Multimedia interktif online
     Multimedia interaktif online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya melalui
jalur/kawat/saluran/jaringan.
2. Multimedia interktif offline
     Multimedia interaktif offline adalah media interaktif yang cara penyampaiannya tidak
melalui jalur/kawat/saluran/jaringan.

C.) Manfaat multimedia interktif

1. Manfaat multimedia interktif dalam bidang pendidikan sebagai berikut:
a. Proses pembelajaran lebih menarik.
b. Lebih interaktif.
c. Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi.
d. Kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di
mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
2.Keunggulan multimedia
a. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
b. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
c. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars,
berkembangnya bunga dan lain-lain.
d. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju.
3. Manfaat multimedia interksi
Multimedia memiliki manfaat yang beragam sebagai penggunaan berikut.
a.) industri kreatif
b.) komersial
c.) hiburan dan seni rupa
d.) pendidikan
e.) teknis
f.) perindustrian
g.) penelitian ilmiah
h.) kesehatan
i.) gambar dokumen

D.) konsep dasar multimedia interktif
       Produk multimedia berdasarkan
karakteristiknya dibagi menjadi dua kategori, yaitu multimedia linier dan multimedia
interaktif/nonlinier. Multimedia linier merupakan produk multimedia yang dimulai dari awal
menuju akhir dengan sedikit atau tanpa interaksi dengan pengguna contoh: televisi, film, majalah, dan koran. Adapun multimedia
Interaktif/nonlinier adanya kontrol dengan pengguna. Multimedia dibagi menjadi Komponen-komponen multimedia yang perlu diketahui adalah teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan video.
Berikut level interaktivitas dalam pembelajaran berbasis Komputer:
1. Umpan balik, merupakan tingkat interaktif yang paling rendah, berkaitan dengan
tersedianya umpan balik terhadap tindakan pengguna yang telah ditentukan
sebelumnya.
2. Manipulasi, meliputi perubahan secara real time atau transformasi informasi sebagai
tanggapan atas tindakan pengguna, tingkat manipulasi menyediakan tanggapan yang
fleksibel dengan bervariasi.
3. Adaptasi, meliputi tanggapan yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna sebelumnya, secara dinamis menyesuaikan pilihan tugas
pembelajaran, prosedur, dan format instruksional berdasarkan informasi tentang tindakan, serta kebiasaan pengguna sebelumnya secara online.
4. Komunikasi, diwujudkan dengan lingkungan pembelajaran online dinamis yang fleksibel, tanggapan terhadap tindakan pengguna tidak ditentukan sebelumnya.

Model multimedia interaktif sebagai berikut:
1. Model tutorial merupakan salah satu jenis model yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi istilah, latihan, dan percabangan yang sesuai.
2. Model drill and practice merupakan model yang tidak memuat materi tetapi langsung pada berlatih dan praktik sesuai dengan teori yang
pernah diperoleh sebelumnya.
3. Model simulasi merupakan model yang disesuaikan dengan kenyataan yang sebenarnya yang dihadapi oleh pengguna dengan tujuan untuk memperoleh pengertian global tentang proses.
4. Model instructional games merupakan model yang berisi tentang tata cara menjalankan/suatu prosedur menjalankan proyek multimedia
Interaktif. Manfaat model ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan memahami suatu prosedur. Seperti halnya simulasi, game pembelajaran, dan lain-lain.
5. Model Hybrid merupakan gabungan dari dua atau lebih model multimedia interaktif.
6. Model Socratic merupakan model yang berisi
percakapan atau dialog antara pengguna dengan komputer dalam natural language.
7. Model Inquiry merupakan suatu sistem
sebagai pangkalan data dan dapatdikonsultasikan dengan pengguna, pangkalan data berisi data yang dapat memperkaya pengetahuan pengguna.
8. Model Informational menyajikan informasi dalam bentuk data daftar atau tabel.

E.) website multimedia interaktif
       Interaksi adalah suatu fitur yang menonjol dalam multimedia yang memungkinkan
pembelajaran yang aktif (active learning)
Pembelajaran yang aktif tidak saja
memungkinkan pengguna melihat atau mendengar (see and hear) tetapi juga melakukan sesuatu (do). Dalam konteks multimedia, do dapat berupa memberikan respons terhadap pertanyaan yang diajukan komputer atau aktif dalam simulasi yang disediakan komputer.

1. Keuntungan dan kelebihan menggunakan web berbasis multimedia:
A. Keuntungan
a. Dapat mengatasi berbagai gaya belajar.
b. Belajar dengan sistem visual.
c. Belajar secara Auditori.
d. kinestetik peserta didik.
e. Bahan lebih menarik dan menyenangkan.
f. Banyak ide-ide lebih mudah untuk menyampaikan.

B. Kekurangan
a. Waktu dan biaya pengembangan.
b. Kompatibilitas dan waktu download untuk multimedia berbasis Web.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain grafis

ACTIONSCRIPT DASAR

Graphical User Interface